BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "SUDUT LANGIT"

Ketua IKW-RI Sesalkan Adanya Pemberitaan Diantara Sesama Jurnalis

PADANG | Ketua Ikatan Keluarga Wartawan Republik Indonesia Sumatera Barat (IKW-RI Sumbar) Firman Sikumbang sangat menyesalkan tingkah oknum jurnalis yang sok bersih dan sok hebat memberitakan sesama Jurnalis.

Menurutnya, hal ini sama dengan menepuk air didulang. Dan, secara tidak langsung awak media tersebut sudah melumuri sendiri mukanya dengan kotoran. 

Mungkin ini menjadi catatan terburuk diantara para jurnalis di Kota Padang, Sumatera Barat, dimana moral seorang jurnalis sudah mulai kendur. Dengan sesama sudah saling jatuh menjatuhkan. "Tidak kah yang menulis sadar bahwa dia adalah seorang jurnalis juga atau pewarta, penjaga demokrasi," ujar firman.

Menurutnya , oknum jurnalis tersebut mungkin tidak mempunyai jiwa korsa dengan sesama jurnalis. Firman menganggap rekan tersebut sedang dalam keadaan tidak sadar, atau tidak dalam keadaan baik-baik saja, ucapnya.

"Kalau dia paham kode etik jurnalistik, tentunya ia tidak gampang untuk memberitakan pemberitaan yang belum jelas kebenarannya," ujarnya

Firman mengatakan, nilai pers sangat tinggi dimata hukum. Jurnalis juga sebagai penjaga demokrasi dan pilar keempat demokrasi, moral dan norma jurnalis sangat dibutuhkan, tuturnya.

Bukan dengan seenaknya saja menjatuhkan profesi yang sama. Nah, jika sudah begini, perlu diajukan sebuah pertanyaan. Bila terjadi permasalahan bisakah ia membela diri. Siapa yang akan membela, sementara ia sendiri menyerang profesinya sendiri,katanya

Dikatakan Firman, jauhkanlah prilaku buruk yang bisa menjatuhkan profesi sendiri. Jangan naif, tidak perlu mencari-cari kesalahan orang. Seluruh insans pers berada pada koridor dewan pers. "Semoga difahami", ujarnya.

(An)

Posting Komentar

0 Komentar